Manajemen Resiko

Pengertian Manajemen Resiko

Manajemen Resiko adalah Suatu sistem pengawasan resiko dan perlindungan harta benda, hak milik, dan keuntungan badan usaha atau perorangan atas kemungkinan kerugian karena adanya resiko.

Definisi Resiko :
  1. Resiko adalah kesempatan timbulnya kerugian.
  2. Resiko adalah probabilitas timbulnya kerugian.
  3. Resiko adalah ketidakpastian.
  4. Resiko adalah penyimpangan dari yang diharapkan.
  5. Resiko adalah probabilitas suatu hasil akan berbeda dari yang diharapkan.
Pada dasarnya resiko yang terjadi terutama dalam kegiatan bisnis dapat dikelompokan kedalam 2 kelompok :

- Resiko Strategis yaitu Suatu resiko yang pemecahannya dilakukan pada tingkatan pimpinan dan memerlukan rencana yang  strategis.

- Resiko Operasional yaitu suatu resiko yang harus mengikut sertakan pimpinan walaupun berada pada tingkatan yang lebih rendah, hal ini biasanya terjadi pada pemasok(distributor), aspek produksi, distribusi dan pada saat barang dipakai.

Prinsip pemasaran : Kepuasan konsumen adalah kebutuhan perusahaan.

Prinsip penjualan : Menyampaikan produk ke konsumen.


Tahapan Pengendalian Resiko

Manajemen resiko diawali dari suatu kesadaran. Manajemen itu menyadari bahwa resiko itu pasti ada dalam suatu perusahaan oleh karena itu resiko tersebut harus dikendalikan.
Ada beberapa tahapan-tahapan pengendalian tersebut antara lain :
  1. Menyadari adanya resiko
  2. Menentukan prioritas yaitu perusahaan harus mampu menentukan resiko-resiko yang memiliki prioritas tinggi melalui pengidentifikasian bahaya-bahaya yang beresiko tinggi.
  3. Melakukan pencegahan dengan cara :
  • Meminimalkan resiko pada setiap unsur organisasi perusahaan.
  • Dengan cara pemindahan resiko
  • Dengan cara penyebaran resiko
4. Merencanakan antisipasi resiko terburuk

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers