Pengertian Manajemen Resiko
Manajemen Resiko adalah Suatu sistem pengawasan resiko dan perlindungan harta benda, hak milik, dan keuntungan badan usaha atau perorangan atas kemungkinan kerugian karena adanya resiko.
Definisi Resiko :
- Resiko adalah kesempatan timbulnya kerugian.
- Resiko adalah probabilitas timbulnya kerugian.
- Resiko adalah ketidakpastian.
- Resiko adalah penyimpangan dari yang diharapkan.
- Resiko adalah probabilitas suatu hasil akan berbeda dari yang diharapkan.
- Resiko Strategis yaitu Suatu resiko yang pemecahannya dilakukan pada tingkatan pimpinan dan memerlukan rencana yang strategis.
- Resiko Operasional yaitu suatu resiko yang harus mengikut sertakan pimpinan walaupun berada pada tingkatan yang lebih rendah, hal ini biasanya terjadi pada pemasok(distributor), aspek produksi, distribusi dan pada saat barang dipakai.
Prinsip pemasaran : Kepuasan konsumen adalah kebutuhan perusahaan.
Prinsip penjualan : Menyampaikan produk ke konsumen.
Tahapan Pengendalian Resiko
Manajemen resiko diawali dari suatu kesadaran. Manajemen itu menyadari bahwa resiko itu pasti ada dalam suatu perusahaan oleh karena itu resiko tersebut harus dikendalikan.
Ada beberapa tahapan-tahapan pengendalian tersebut antara lain :
- Menyadari adanya resiko
- Menentukan prioritas yaitu perusahaan harus mampu menentukan resiko-resiko yang memiliki prioritas tinggi melalui pengidentifikasian bahaya-bahaya yang beresiko tinggi.
- Melakukan pencegahan dengan cara :
- Meminimalkan resiko pada setiap unsur organisasi perusahaan.
- Dengan cara pemindahan resiko
- Dengan cara penyebaran resiko
0 komentar:
Posting Komentar